Home » » Cara Merawat Motor Matic dengan Baik

Cara Merawat Motor Matic dengan Baik

Cara Merawat Motor Matic. Motor matic merupakan motor yang mulai populer di Indonesia ini sekitar tahun 2000. Kemudian penggunanya semakin meningkat seiring dengan banyaknya para produsen motor memproduksi motor matic, seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan merk lainnya.
Disini Info Harga Motor terbaru akan memberian tip mengenai cara merawat motor matic dengan lengkap agar menjadi lebih awet. Tidak dipungkiri lagi opini yang berkembang dimasyarakat bahwa motor matic ini emang nyaman kalau digunakan tetapi sayang masih ada beberapa kekurangannya, diantaranya: bahan bakar yang agak boros dibandingkan motor bebek, kanvas rem belakang yang mudah aus karena sering menjadi andalan pengereman, tidak bisa menahan beban terlalu berat, ban belakang yang mudah gundul. Tapi hal itu tidak menjadi halangan yang berarti kalau kita tahu bagaiamna cara merwatnya dengan baik.

Baiklah biar tidak penasaran lagi, inilah beberapa tip dalam perawatan motor matic:
  • Seperti pada umumnya dalam pertama kali menghidupkan mesin, sebaiknya gunakan kick starter untuk menghidupkan motor matic anda lalu biarkan menyala minimal 5 menit. Hal ini bisa memperpanjang usia accu motor.
  • Kecepatan motor anda usahakan konstan, sebaiknya jangan melakukan penggasan motor secara tiba tiba, hal ini bisa berpengaruh jelek terhadap mesin.
  • Dalam pemakaian motor sebaiknya cek dulu tangki bahan bakar, karena jangan sampai kehabisan bensin ditengah jalan, hal ini dapat menyebabkan keausan pada komponen mesin.
  • Rawatlah accu motor secara teratur, dengan mengeceknya minimal tiap sebulan sekali. Selain itu busi nya juga mmohon dicek secara berkala.
  • Yang tidak kalah pentingya perhatikan oli mesin, biasanya oli mesin diganti menurut jarak tempuh. Biasanya standar penggantian dari 2500 km sampai 4000 km, tergantung dari oli yang anda pakai.
  • Usahakan kalau ada komponen yang diganti, gantilah dengan yang original jangan menggunakan yang KW, karena menggunakan spart part original berati menjaga motor tetap stabil performannya.
  • Periksalah olo shockbreaker dan juga ruang transmisi sebab banyak debu yang menepel biasanya. Dan jangan lupa oli nya ganti secara berkala.
  • Perhatikan CVT (Continuous Variable Transmission) motor matic anda, minimal anda mengganti olinya secara berkala dan jangan sampai lupa. Hal itu supaya performa motor matic anda tetap stabil diperjalanan.
  • Servislah motor anda pada bengkel resmi sesuai dengan merk motor yang anda pakai, atau pada bengkel yang sudah anda percayai, karena tidak semua bengkel mempunyai kemampuan yang baik dalam menyervis motor anda.
Itulah tip tip yang bisa Info Harga Motor terbaru sajikan, semoga bisa bermanfaat bagi para pecinta motor matic semuanya, terima kasih telah berkunjung dan membaca artikelnya.
Diberdayakan oleh Blogger.